80m SSB TRX using TA7358 (LA1185) #1


karena banyak yang mengeluhkan kesulitan mencari IC MC3362 yang memang high grade chips dan mahal, saya coba cari alternatif IC yang tersedia di lokal dengan harga murah meriah, beberapa uji coba terhadap IC-IC mixer, pilihan pada akhirnya jatuh pada IC TA7358 (LA1185) karena ketersediaannya yang cukup melimpah dan murah di pasar lokal serta performance nya yang cukup baik.

semoga dengan pilihan komponen berikut bisa menggugah semangat rekan2 homebrewer untuk merakit sendiri perangkat 80m SSB nya

Sebuah BPF (band pass filter) yang di perkuat transistor 2SC2570 sebagai front end amplifier di umpankan ke pin1 IC TA7358. IC ini sebenarnya telah memiliki internal front end amplifier, akan tetapi dalam experiment saya terasa masih kurang sensitif dan agak besar noise nya. Bisa saja keluaran transistor 2SC2570 langsung diumpankan ke kaki 4 bila tidak ingin menggunakan internal front end amp.

Sinyal dari penguat lalu di campurkan dengan oscilator lokal yang masuk melalui pin 8, osilator lokal ini bisa di bangun langsung berupa VFO di sekitar pin 7 dan 8 (lihat datasheet) atau di bangun dengan rangkaian DDS yang lebih stabil dan fleksibel. Untuk rangkaian osilator lokal akan saya bahas pada artikel terpisah.

Selisih dari frekwensi osilator lokal dan sinyal dari BPF akan berada di sekitar 8MHz. Oleh sebab itu pilihan range frekwensi osilator lokal ada pada :
rx min = 3.0 MHz, rx max = 4.0 MHz, if = 8.0 MHz
vfo min = 8.0 – 3.0 = 5.0 Mhz vfo max = 8.0 – 4.0 = 4.0 Mhz atau
vfo min = 8.0 + 3.0 = 11.0 Mhz vfo max = 8.0 + 4.0 = 12.0 Mhz

Keluaran mixer dari pin 6 di kuatkan oleh sebuah transisor lalu di filter oleh 4 buah crystal filter. Sinyal hasil filter kembali masuk ke IC TA7358 kedua melalui pin1, dan dikuatkan lagi oleh internal amp. Sinyal kemudian di campur dengan isyarat BFO yang di bangun menggunakan crystal yang di geser sedikit frekwensi resonansinya dengan inductor dan varactor untuk mendapatkan selisih dari sinyal IF dan BFO sebesar kurang lebih 3KHz. Yang kemudian di kuatkan oleh penguat AF (IC LM386)

 

pada gambar berikut adalah sinyal pada driver stage
terlihat bagaimana carrier singnal level berfluktuasi sesuai isyarat modulasi (suara)

test running video clip nya:

bersambung ke.. (VFO, bisa DDS, PLL, FLL)

Advertisements

24 thoughts on “80m SSB TRX using TA7358 (LA1185) #1

  1. tnx add saya di fb

    rancangan dan ide yang bagus sekali.
    saya masih belum berhasil mempergunakan rf mixer IC ini.

    karena saya tidak menemukan spesifikasi tehniknya, apabila dipergunakan sebagai RF mixer berapa nilai (v rms) yang dimasukan di pin 4 dan 8 ?

    trims

  2. Pingback: 80m SSB Transmitter using MC3362, DDS AD9835 Local Oscillator, 10 MHz Crystal Filter « Diankurniawan's Blog
  3. pak dian, di skema bfo apa bener paker xtal 10mhz? apa ndak 8 mhz?
    utk keluaran BM (kaki no 6) TA7358 apa ndak perlu dikasih LC / BPF sesuai IF 8mhz?

  4. Salam kenal om Dian,Foto dengan skema kok ga sama komponenya? Kalau bisa pcb di share sekalian. Biar mudah pengerjaannya dan rapi.

    • Salam kenal kembali OM Agus, foto yang saya tampilkan itu adalah prototype bagian receiver nya, sebab menurut saya bagian receiver lebih rumit di banding transmitter (imho). Mengenai PCB saya kira rekan2 lebih pengalaman membuatnya, sebab banyak sekali pengembangan yang masih mungkin di lakukan. Skemanya saja masih suka saya rubah2 he he.

      di tunggu saja update foto dan test nya

      salam dan terimakasih
      Dian Kurniawan

  5. OM Dian,untuk kristal yang identik apa frekuensinya harus sama? Berapa selisih frekwensi fondamental mak pada kristal tsb? saya dah beli ada 20 biji kristal 8 Mhz dengan pabrik yang sama namun setelah saya ukur frekuensi fondamentalnya hanya ada 2 yang sama, pada hal yang dibutuhkan 5 biji. Untuk mendapatkan 5 biji tersebut dapat mengambil yang bedanyanya sedikit? Berapakah beda mak yang ideal dapat dibuat kristal ladder?

    • Halo Om Agus, memang untung2an beli kristal, tapi sebenarnya kalau untuk kebutuhan SSB tidak terlalu kritis, mungkin untuk CW jauh lebih kritis, tapi dalam pengalaman saya berbeda sekitar 100-300Hz sudah sangat bagus

    • salam kenal kembali mas agusslametwibowo, terimakasih atas perkenalannya :), bisa saja di ganti VFO biasa, tinggal dibangun rangkaian LC saja (bisa di lihat di datasheet IC TA7358) simple.. atau bisa juga di tambahkan PLL (LM7001, LC7231 atau yg lainnya) tunggu artikel berikutnya saya lagi siapkan PLL utk TRX 80m Band AM…

    • saat ini saya sudah membuatkan desain PLL dengan IC MC145162P, mungkin berikutnya dengan IC LM7001 atau LC72131. IC PLL memang agak susah di pasaran lokal, masing-masing kota punya stok yang berbeda2, mudah2an bisa mendapatkan IC yang di perlukan.

    • saat ini saya sudah membuatkan desain PLL dengan IC MC145162P, mungkin berikutnya dengan IC LM7001 atau LC72131. IC PLL memang agak susah di pasaran lokal, masing-masing kota punya stok yang berbeda2, mudah2an bisa mendapatkan IC yang di perlukan.

      • makasih om dian, mungkin kl LC72131 masih bisa di cari di surabaya sini om. tp kl MC145162 belum tahu ada tidaknya, semoga aja ada.

      • sama2 mas agus, btw memang kadang2 di suatu kota lebih sulit diperoleh dari kota lain, btw mudah2an segera saya bisa bantu ketersediaan komponen dari jalapindai.com… semoga

  6. muito bom seu projeto, tambem faço transceptores so em AM, e que aqui no meu pais, nao temos revistas ou livros de projetos em SSB,mais eu ja estava estudando fazer um transceptor ssb semelhante com o cobra 148, que tenho esquema,agora com a internet, tenho pessoas como voçe para divulgar esses maravilhosos projetos faceis e pratico, muito obrigado. Waldir Brasil

  7. SALAM KENAL PAK DIAN…KALAU PAKE XTAL 4 Mhz untuk IF dan BFO…BISA NDA OM…VFO menyesuaikan..freq vpo di 290khz freq kerja di 3.710khz

  8. Salam kenal Om Dian dari Bayu Ciledug. Melihat skema trx ssb anda yg sederhana jadi tertarik mengudara lagi di 80m band. Tapi untuk rangkaian yg menggunakan IC dan toroid saya masih awam. Saya browsing untuk mencari skema trx ssb yg sederhana rata2 semua menggunakan IC, dan kumparan toroid yang rumit. Melihat dan mendengar rekan2 sejawat saya yg sdh mencoba merangkai kebanyakan gagal di bagian receivernya. Mereka juga ber-experiment dengan skema2 dari postingan rekan2 yang lain dengan menggunakan IC TA7358AP. Rata2 keluhannya di IC yg mati dan oscilator lokalnya yg tidak setabil.
    Mengkritik sedikit skema anda, bisakah 2SC829,BC548, 2N3904 di gunakan sebagai pengganti 2N2222? Karena 2N2222 agak susah di lokasi saya, apalagi yg bentuknya kaya topi. Untuk kualitas penerimaannya kira2 berapa db untuk skema rangkaian anda ini? Dan antena apa yg bagus untuk mencoba rangkaian trx anda?

    terimakasih atas perhatiannya.

    Salam, Bayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s