User Interface design for HF homebrew


Saya masih menyimpan beberapa jenis LCD grafik untuk di buat “sesuatu”, ada LCD 128×64 pixel, 256×128, 512×256 pixel, baik serial ataupun parallel interface, dan tegangan operasi yang berbeda 5V atau 3.3V plus setumpuk ATMega8, 16, 32 dan 128.. sisa experiment terdahulu dan produksi mesin suara walet. Experimen terakhir “80m SSB DDS transceiver” berhasil cukup baik maka terfikir oleh saya untuk merakit user interface display yang menarik sehingga HF band yang sudah dianggap kuno bisa terlihat menarik dan “cool”.

Walaupun transceiver ini bekerja pada band HF yang terbilang kuno, akan tetapi sebenarnya rangkaian transceiver di dalamnya menggunakan teknologi masa kini walaupun secara teknik tidak ada prinsip baru yang di terapkan misalnya DSP (digital signal processing) dan lainnya.

Tampilan 128×64 pixel di sesuaikan dengan ukuran enclosure dan di desain kompak dengan dua buah rotary encoder yang juga memiliki satu buah push button bila jog dial di tekan, artinya saya menggunakan dua buah rotary plus dua push button. Rotary Encoder pertama di gunakan untuk seleksi frekwensi dan push button nya sebagai pemilih scan step (10,100,1.000,10.000 Hz), sedangkan Rotary Encoder ke dua sebagai seleksi sub menu dengan push buttonnya sebagai pilihan menu (modulasi, band, vfo dan memori).

Graphic User Interface for 80m SSB Trasnceiver

control board and the transceiver board

non-graphic LCD (character) interface

salam

Dian Kurniawan

18 thoughts on “User Interface design for HF homebrew

  1. Mohon info, IC DDS beli dimana ya ? dan source code atau file .hex apakah di freeware, atau mungkin ada prosedure lain untuk mendapatkannya

    de yc3bcs – benny arifin
    Lokal Malang raya

    • IC DDS saya import lewat digikey saat ini,
      file hex bisa saya sharing begitu juga dengan skema nya,

      mohon bersabar karena saya masih menyelesaikan versi komplit yang sudah support control untuk 3 band (80,40,20) termasuk BPF/LPF PA control, dan mungkin juga 2 buah port ADC yg bisa digunakan untuk Singnal strength atau pun temperatur Power Amp.. masih saya pertimbangkan

      rencana kedepan saya ingin menjual kit nya (DDS + Display + TRX Control) akan tetapi schematic dan Hex akan saya share untuk dapat di download

      Salam
      Dian Kurniawan

  2. lha MC3362 beli dimana OM?
    thx

    • saya beli di toko SELC (sumber electronic) di bandung, atau kalau mau import bisa di coba di futurlec.com, ada juga IC2 sejenis yg bisa di pakai seperti MC3363, MC13135… atau bahkan dengan prinsip yang sama bisa juga di pakai IC 1496 yang banyak di jual di toko2 elektronika, saya menggunakan IC tsb hanya mengambil fungsi mixer nya saja..

  3. Dear OM Dian,

    Mantap pisan euy, OM saya kesengsem dengan box-nya yang transparan, sebab namanya homebrew itu justru makin terlihat dalamnya, makin OK … kalau boleh tahu dimana beli atau bikinya, lalu yang penting juga harganya berapa yaa ??? hehehe

    Lalu tentang DDS, saya sebenarnya juga naksir bikian VFO dengannya, namun gara-gara susah carinya plus mahal harganya, akhirnya masih sticked on PLL saja … 😦

    Regards,
    Cholis Safrudin YD1CHS

    • selain itu digikey menolak menjual DDS ke indonesia karena dilarang negaranya, saya sempat ngomel2, tapi akhirnya bisa saya dapatkan di ebay.. dari third party

      terima kasih OM Cholis, saya malah mau bikin FLL nih.. biar murah..

  4. Dear OM Dian,

    Satu lagi kelupaan diposting sebelumnya, dapat rotary encoder-nya dari digi key juga atau cukup di lokal Bandung dah ada?

    Thanks sebelumnya,
    Cholis YD1CHS

    • terima kasih OM Cholis, rotary encoder saya beli di ebay.. banyak disana, tapi kalau mau coba yang pakai stepper motor bekas juga bisa.

      untuk box saya pakai acrylic ada di bancey di kombinasi dengan box aluminium dari Jaya Plaza

      • Dear OM Dian,

        Wuih dari foto-foto yang terpajang, bukan main, anda begitu memperhatikan semuanya … mulai fungsi dari rangkaian sampai dengan box-nya membuat saya ngiler … hehehe, salut dan sukses untuk anda …

        Thanks atas penjelasannya, jadi memang rotary encoder dan DDS itu harus import yaa … satu lagi saya nanya OM, DDS yang hanya sampai HF saja dibanderol berapa yaa, kalau beli dari ebay, termasuk rotary-nya … habis saya ini masih katrok sih … 🙂

        Regards,
        Cholis Safrudin YD1CHS

    • Dear Om Cholis, harganya bisa macam2, tapi tidak terlalu mahal DDS antara U$8-19 rotary mungkin sekitar U$1-2, ongkos kirim juga macam2, kalau OM Cholis sudah punya paypal mudah kok ordernya, btw kalau mau mungkin saya masih ada he he he

  5. ingin tahu saja, kira kira dds lengkap, berapa kena harga bahannya ?
    sangat senang kalau anda bisa share skema, hex untok vfo dds, sukur souce codenya sekalian…?
    saya beberapa kali merakit fll dari IK3OIL, sepertinya terpengaruh sekali terhadap sentakan elektonik (saklar lampu, saklar relay, dll), mungkin karya uda Dian akan lebih baik lagi

    • untuk DDS harga chipsnya bervariasi, tapi melihat fungsinya yang luar biasa menurut saya seimbang pengorbanannya.

      saya akan share untuk DDS segera OM Adi Is, untuk FLL ada beberapa ide, mungkin saya akan gunakan 2 buah microcontroller yg saling bekerja sama, ide nya satu untuk 16 bit PWM dan satu lagi untuk freq counter dan perhitungannya, mudah2an dengan konsep ini bisa di dapat hasil yang lebih baik, yg artinya meminimalkan beban kerja microcontroller sehingga di harapkan bisa fokus pada routine tertentu saja.. semoga 🙂

  6. maaf kang….cara beli di digikey gimana ea????klo bisa kasih tutornya….thx u ^_^

  7. mas … setelah saya baca ini, saya hobi dan saat ini sedang merakit 2band 40 -80 hf ssb dengan vfo dan filternya dengan keramik filter 455 kc. saya meng inginkan bisa di gunakan dengan pll dan juga dengan tampilan LCD.
    dan kebetulan saya sudah punya LCDntya yang 2×16 character jika anda bisa membantu membuatkan rangkaian untuk LCD nya karena pllnya menggunakan dengan up and down 5kc.
    mohon di bantu.trims
    callsign saya yang lama : YC1WS dari lokal tasik malaya… saat ini saya di solo .. no.telp : 08882959859

  8. mas dian .. sya harus keluarkan berapa biaya pembuatan rangkaian dengan PLL micro controler supaya bisa up and down / 1 kc dan 10 kc ..
    kebetulan saya ada LCD 16 karakter.. HF transceiver saya adalah homebrew dengan filter 455kc .. terima kasih .. biaya bisa d sms kalau mau ..
    08882959859 .. kalau boleh skalian alamat anda berada .. nanti saya telp atau saya kabari lagi

Leave a Reply

