80m SSB Transmitter using MC3362, DDS AD9835 Local Oscillator, 10 MHz Crystal Filter


Melengkapi artikel 80m SSB receiver dengan menggunakan IC MC3362 berikut adalah skema pemancar/exciter untuk band yang sama dan IC yang sama, sesungguhnya bisa saja kita tetap menggunakan satu buah IC untuk TX dan RX akan tetapi banyaknya rangkaian switch yang harus terlibat, maka saya memilih menggunakan secara terpisah 2 buah IC untuk bagian TX dan RX.

Sinyal suara dari microphone electret di kuatkan oleh sebuah transistor umum, yang kemudian di umpankan ke mixer 2 (pin 17) dari IC MC3362. Sinyal suara ini kemudian di campur dengan isyarat BFO (pin 3 dan 4) yang di bangun dengan menggeser sedikit frekwensi osilator kristal. Sebuah Potensiometer memberikan variasi tegangan untuk mengubah-ubah nilai kapasitansi dari dioda varactor yang selanjutnya menyebabkan bergesernya frekwensi osilator kristal BFO.

Sinyal hasil pencampuran suara dan BFO ini di masukkan ke ladder kristal filter yang terdiri dari 4 buah kristal 10 MHz yang identik guna membatasi bandwith modulasi sebesar kira-kira 3 Khz.

Setelah melewati filter sinyal di campur dengan frekwensi osilator lokal yang bisa di bangun dengan VFO+PLL atau dengan DDS. Sinyal ini selanjutnya di kuatkan dengan satu buah transistor. Selanjutnya sebuah BPF (band pass filter) digunakan untuk menekan frekwensi harmonik. Sebuah penguat lagi di akhir exciter di terapkan untuk memperkuat sinyal.

Foto berikut adalah prototype tanpa penguat dan band pass filter, saya juga tambahkan penguat mic dengan IC LM358 untuk mendapatkan penguatan selektif pada 300-3KHz audio band.

note:
*. keluaran exciter ini masih perlu beberapa tingkat penguatan lagi sebelum di umpankan ke penguat akhir.
*. penguat akhir bisa menggunakan penguat yang terdapat pada artikel 80m SSB TRX using TA7358 (LA1185) .
*. bila ingin menggunakan PLL bisa di pakai rangkaian VFO + PLL LM7001 pada artikel Low cost & simple wide band VCO, LM7001 + 74HC04 .

Semoga bermanfaat
Dian Kurniawan

Advertisements

10 thoughts on “80m SSB Transmitter using MC3362, DDS AD9835 Local Oscillator, 10 MHz Crystal Filter

  1. Om Dian yang ganteng,saya mau nanya nih,kalau untuk pemancar 80 m band,output untuk antena 50 ohm gimana caranya ya Om…?karena saya dah coba beberapa skema output yang keantena kurang maximal,saya coba pakai SWR dan saya pakai Dumylood
    Terima kasih sebelumnya

    • terima kasih OM Syafrudin, amin, he he, konsep nya sederhana yaitu pengaturan impedansi, mulai dari antenna, saluran antenna (dalam hal ini kabel coax 50 Ohm) dan selanjutnya low pass filter di tx. ada bagian yang sering di sebut tank coil atau matching network dsb di sekitar penguat akhir yang menjembatani impedance semiconductor di penguat akhir (nilai umumnya ada di beberapa ohm) menjadi match atau sesuai dengan 50 Ohm tadi. kebanyakan pesawat TX rakitan biasanya di rakit dengan perhitungan yang tidak terlalu kritis akan tetapi menyediakan nilai2 komponen yang bisa di ubah2 nilainya dalam hal ini bisa berupa inductor atau variable capasitor yang di setel2 sambil memperhatikan keluaran yang paling baik.

      link dokumen pdf berikut mungkin dapa menjelaskan secara praktikal design PA RF dengan mosfet
      http://www.aoc.nrao.edu/~pharden/hobby/_ClassDEF2.pdf

      salam
      Dian Kurniawan

    • Kang Dian, saya tambahkan sedikit ya,
      data final RF dari bung syafrudin kurang jelas, apakah menggunakan tabung, transistor single ended atau push pull ?
      secara pemahaman praktek, apabila menggunakan tabung, impendasinya tinggi, jadi harus diturunkan.
      tapi kalau transistor (ump push pull) impendansinya sangat rendah (katanya yang pernah menghitung, dibawah 15 ohm) jadi harus kita naikan sekitar empat kalinya (ratio), dalam praktek dengan menggunakan toroid dibuat primer satu gulung, sekunder sekitar dua sampai empat gulung ( dicoba coba diukur dengan powermeter dengan beban dummy load).
      setelah didapat hasil maximum (kita anggap bahwa output dari sekunder telah 50 ohm, selanjutnya dipasang low pass filter untuk menindas frequency harmoniknya.
      nah bagaimana membuat low pass filter tanpa alat bantu (LC meter) silahkan teman teman koment..

      salam,

      adi is

  2. om dian maaf apakah ada memiliki persediaan kit nya om biar saya dalam pengerjaannya lebih rapi, karena jujur pengerjaan saya sembrawut terimakasih

  3. Oh Ya Om Dian….
    data TX yang saya buat SSB 80m Band,pada PA nya saya menggunakan IRFP 250 push pull,pada keluaran dari toroit sudah maximal,tetapi setelah melewati Low Pass Filter yang saya buat,Outputnya menjadi kecil,jadi seakan-akan powernya jadi Droff.
    Apa ada yang salah denagan rangkain saya,dan apa jadinya seandainya saya mancar tanpa menggunakan LPF….?
    Terima kasih sebelumnya atas pencerahanya

    • OM Syafruddin, menurut saya mungkin ada masalah impedansi, tentunya toroid di final memiliki impendansi yg harusnya sesuai dengan impedansi LPF dan selanjutnya impedansi Antenna/Saluran Antenna.

      Dengan menghilangkan LPF masalah yg timbul adalah munculnya frekwensi harmonik yang ikut terpancarkan dan mengganggu band lain, misalnya dari 3.5MHz, akan muncul harmonik di 7MHz, 10.5MHz dst.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s