BITX80/40+DDS9850+6P3S #2 (Valve PA 6P3S)


Tabung ini saya pilih karena masih keluarga besar 6L6 yang legendaris di tambah harganya yang paling bersahabat diantara keluarga besar 6L6. Tabung ini diproduksi oleh pabrikan rusia, di beberapa toko online masih ada yang menjual U$5 per buah nya. Berikut saya sertakan skemanya (skema ini bukan asli gambar saya akan tetapi di ambil dari internet dan saya sesuaikan dengan kebutuhan).

  • grid pin 5 akan menjadi input sinyal dari board TX bitX melalui capacitor 100pf yang kemudian masuk ke grid
  • grid pin 4 melalui resistor terkoneksi ke B+
  • plate pin 3 melalui RFC menerima tegangan B+ sekaligus menjadi ouput penguat melalui blockin capacitor 0.001uF
  • cathode pin 8 terhubung ke ground melalui tahanan dan bypass capacitor
  • tangki PI dibangun oleh dua variable capacitor 300pf dan 600pf serta lilitan kawat email 1mm sebanyak 30-40 lilitan pada koker 1.25 inch. lilitan ini diberi tab untuk memilih nilai induktansi.

Tabung memang tidak saya kerjakan pada posisi maksimum bahkan cenderung minimum. Daya keluaran hanya di harapkan disekitar 5Watt, bila diinginkan daya lebih besar bisa diakukan penyesuaian tegangan plate (s/d 400volt) atau memparallelkan dengan tabung 6L6 sejenis. hal tersebut yang akan saya lakukan pada project kali ini.

 

DSC_5787

DSC_5790

DSC_5789

Setelah melakukan beberapa penyesuaian dan masukan dari dari Pak Adi is berikut rangkaian final yang lebih stabil

TUBE

Leave a Reply

