Wide Band Receiver Antenna Amplifier


Seorang teman mengeluhkan bahwa dia tidak dapat melakukan penerimaan siaran radio Rodja (756 KHz – AM) dengan baik, padahal beliau sangat ingin bisa mendengarkan siaran radio tersebut. Lalu seorang teman yang lain mengeluhkan lemahnya sinyal yang diterima pada pesawat televisi dimobilnya. Juga beberapa rekan lain yang memiliki keluhan yang hampir sama.

Saat ini isyarat radio di udara kita memang cukup polutan. Noise dari berbagai sumber akibat kemajuan teknologi tidak dapat dihindarkan. Rasanya hampir seperti tidak mungkin bila menginginkan membangun radio kristal seperti 30 tahun lalu tanpa harus berjuang melawan noise.

Sebuah penguat pita lebar (wide band) dengan hasil baik dengan tingkat noise serta keterbatasan pilihan desain (saya tidak dapat memastikan device, konektor, impedansi dan lain-lain kondisi perangkat yang berbagai rupa) akhirnya jatuh pada chips MMIC SGA-2286. Sebuah chips yang dapat beroperasi dari DC hingga 5GHz (penguatan 15db pada 500 Mhz), yang bahkan dapat di cascade dengan sangat begitu mudah untuk mendapatkan kelipatan penguatan , dengan noise yang rendah (3.2 db pada 500MHz)

Perhatikan skema berikut:

MMIC SGA2286

berikut adalah aplikasi pada sebuah antenna loop AM dimana akhirnya rekan saya berhasil mendengarkan radio Rodja dengan baik.

AM antenna loop amplifier

Rangkaian sederhana dengan sebuah battery 9V sebagai sumber daya berhasil memperkuat isyarat radio.  Dengan menggunakan konsep yang sama di terapkan juga untuk berbagai kebutuhan.

Semoga bermanfaat
Dian Kurniawan

Advertisements

7 thoughts on “Wide Band Receiver Antenna Amplifier

  1. Salam Pak Dian…
    Saya tertarik membuat penguat sinyal TV & & GSM dikarenakan sinyal (indoor) di tempat saya sangat kurang. Dari spek bahan yang bapak jelaskan diatas sepertinya sangat memenuhi kebutuhan saya. Saya juga pernah baca tentang penguat sinyal dengan memakai chip (lainnya): MMIC SGA-3486Z. Dari skemanya sangat mirip dengan chip SGA-2286Z diatas. Tapi apakah fungsi keduanya sama?
    Kalau belum tersedia di Indonesia, saya bisa minta tolong pesan sama bapak saja nggak?
    Terima kasih sebelumnya,_

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s