80m AM Transceiver with MC145162P


Back to the Eighties.. ada keinginan untuk kembali mengenang masa SMP kala bermain di 80 meteran AM plus radio SW1, hunting varco besi ke pasar loak, menggulung coil pada sebatang paralon serta benang nylon sebagai sparator, melilit batang ferit,  bongkar trafo lalu digulung lagi untuk membuat trafo modulasi yg lebih baik dari OT460 lalu tidak ketinggalan memanjat pohon untuk mencari tempat terbaik untuk menyangkutkan long wire antenna tidak lupa lampu TL bekas.. yang menyala2 di tendang modulasi.. well cukup bangga sebagai bentuk perlawanan dan unjuk gigi  terhadap “my daddy’s”  transmitter Kenwood TS-440S kala itu.. mirip David vs Goliath,  IDR 150.000 vs U$2.500 .. ha ha ha…. “miss u dad..YC6DJ, mohon maaf tidak sempat menunjukkan banyak hal”

Ide utamanya adalah kembali beroperasi pada band 80m AM dengan coba membawa teknologi baru,  lalu pilihan jatuh pada skenario berikut:

  • MC145162P dual PLL chips, cocok untuk dua vco tx dan rx
  • TTL VCO 74HC04, konstruksi mudah, range osilasi yang lebar dan menghasilkan level tegangan keluaran yang sudah cukup tinggi.
  • TA7358, rf amp, mixer dan oscillator, sesuai untuk heterodyn receiver yang mau di terapkan
  • YS414/MK484, AM detector + agc, the legend AM chips
  • MOSFET modulator, dengan tujuan mengecilkan ukuran fisik pemancar
  • ATMega8+LCD+rotary encoder, standard kontrol dan dial

berikut adalah blok diagramnya:

80m AM TRX using MC145162 diagram block

Pengguna berinteraksi melalui sebuah rotary encoder dan layar LCD yang dikendalikan mikrokontroler ATMega8. Masukan pilihan frekwensi ini kemudian diteruskan oleh mikrokontroller ke IC PLL MC145162P  secara serial guna membangun dua buah frekwensi berbeda untuk frekwensi osilator lokal bagi transmitter dan receiver. VCO dibangun dengan mengendalikan resonansi feedback pada inverting gate IC TTL (74HC04) yang kemudian diberi low pass filter. Sebuah dioda varactor yang diberi umpan tegangan kendali dari PLL menjadi penentu resonansi. Pada VCO transmitter dibangkitkan frekwensi osilasi pada 3 MHz sampai dengan 4.5 MHz, sedangkan pada VCO receiver dibangkitkan frekwensi 13,7 MHz sampai dengan 15,2 MHz (sesuai dengan dual conversion heterodyn 10.7MHz dan 455Khz).

80m AM TRX (Microcontroller, PLL and VCO)

Pada bagian transmitter isyarat TX VCO  (3Mhz – 4.5MHz) ini dikuatkan oleh buffer dan final. Sebuah low pass filter dan antenna tuner mengirimkan sinyal transmitter ke antenna. Penguat akhir transmitter di modulasi dengan MOSFET (transformer less AM modulation).

80m AM TX (MOSFET Modulation)

Pada bagian receiver isyarat dari antena dilewatkan band pass filter (BPF 3MHz-4,5Mhz) lalu dikuatkan dan dicampur oleh IC TA7358 dengan isyarat dari RX VCO (13,7 MHz – 15,2 Mhz) kemudian di filter dengan 10,7MHz, sinyal ini kemudian kembali dikuatkan dan dicampur dengan crystal osilator 10.245MHz sehingga menghasilkan selisih 455Khz untuk di umpankan ke IC AM detector YS414(MK484/ZN414). LM386 menyelesaikan penguatan akhir untuk menggerakan speaker.

Dual Conversion 80m AM Receiver

semoga bermanfaat

Dian Kurniawan

Advertisements

11 thoughts on “80m AM Transceiver with MC145162P

  1. mau tanya pak dian,
    kalau irf 510 saya anggap sebagai npn, maka nilai ideal biasnya adalah 3,8 volt plus.
    lantas kalau irf9510 itu barangkali sejenis pnp, lantas biasnya kira kira berapa, dan terhadap mana (plus atau negative ?)

    saya mau coba , tapi tidak mau banyak korban irf sewaktu awal awal mencobanya.

    terima kasih pak dian.

  2. mohon maaf telat membalas sudah lama tidak membuka blog, mudah2an tidak terlalu terlambat,.. untuk MOSFET jenis P tetap VGS sekitar -3.8 s/d -4V atau gate lebih kecil dari source..

    kalau di analogikan seperi BJT maka source biasanya emitor.. jadi mirip tegangan basis < emitor sekitar 0.7 maka PNP on

  3. Salam kenal P Dian,

    Pak bisa kirimi saya source code untuk microcontrollernya (atmega8) soalnya saya mo eksperiment pll dan vco-nya biar bisa langsung “ngglinding”. Boleh kirim ke email saya: mahmudi.mas@gmail.com

    Terimakasih ya P Dian…

    Mahmudi

    • saya pernah membuat untuk keamanan dengan fitur passive infrared intruder, switch, smart card access untuk pintu utama, GSM/PSTN auto dialer..plus remote via gsm modem/dtmf, mudah2an ada waktu menuliskannya

  4. pemancar am nya berapa watt pak…???apakah bisa digantikan dengan oscilator manual biasa…untuk mosfet yang di paralel apakah bisa digantikan dengan irf250n 1 biji saja..untuk final dan modulasinya…trima kasih atas pencerahannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s