Multiband SSB Transceiver #1


Hasil eksperimen DDS  membuat saya  begitu bersemangat untuk mencoba sesuatu yang lebih menantang (paling tidak buat saya)  yaitu sebuah multiband SSB (CW, AM?) transceiver.

  • DDS  1-38 MHz (cover 1-30 Mhz with 9 Mhz IF)
  • 16×2 Char LCD
  • 5 band (1-1.99Mhz, 2-3.99 MHz, 4-7.99MHz, 8-16.99 MHz, 16-29.99 Mhz) BPF
  • 30 Watt PA +  SWR/Power meter + LPF
  • ATMega8 sebagai controller utama, dengan kemampuan programmable IF

Multiband SSB TRX block diagram

Blok diagram diatas menunjukan flow sinyal pada posisi RX (berwana biru), posisi TX (berwarna merah), sensing (ADC reading (berwarna hijau) dan digital control (berwana oranye).

  • Posisi RX : Antenna -> LPF – > BPF -> RF Front End Amp -> 1st Mixer -> IF Filter -> IF Amp -> 2nd Mixer -> AF Amp (+audio filter).
  • Posisi TX : Mic Amp ->1st Mixer -> IF Filter -> IF Amp -> 2nd Mixer -> BPF -> PA -> LPF -> SWR Bridge-> Antenna
  • Sensing : SWR/Power Meter, PA Heatsink temperature, Signal Strength, konversi kedalam skala logaritmic menggunakan table mapping atau perhitungan matematis dari hasil bacaan ADC yang linear
  • Control : Band select for LPF dan BPF, DDS frekwensi control, IF filter bandwith

DDS saya bangun dengan menggunakan AD9850 (125MHz DDS, 10 bit DAC), output dari DDS  saya tambahkan LPF pada 40 MHz (masih bisa di set sampai 60MHz bila ingin juga mengcover 6m).  Frekwensi coverage saya tentukan dengan memperhitungkan frekwensi IF yang akan di gunakan, dalam hal ini main control mampu di program untuk menggunakan IF dari 1KHz s/d 10MHz .  Sebuah MMIC saya tambahkan sebagai penguat (ERA-1, 12db, NF 4db @ 2GHz, 26dbm Out). Jika mixer ssb board menggunakan IC (MC3362/TA7358/SA602) maka penguat bisa di by pass (tidak di gunakan) karena mixer2 tersebut hanya membutuhkan level sinyal local oscilator yang kecil (<= 100mV).

DDS prototype test

 

bersambung… menanti color LCD graphic (gara2 imlek proses import nya molor deh).

4 thoughts on “Multiband SSB Transceiver #1

  1. Terima kasih sudah memposting tulisan-tulisan yang sangat menarik om dian.

    apakah produk ini dimaksudkan untuk bisa digunakan oleh temen-temen amatir, atau hanya untuk keperluan pribadi saja?

    de yc0nho

    • terima kasih OM wowok, maaf saya terlupa menjawab komen nya, saya sangat ingin menjadikan eksperiment saya menjadi bentuk kit yg bisa di rakit oleh teman2 amatir, tapi waktu saya memang terbatas, saat ini kit sudah bisa order.. terima kasih

  2. Pingback: Multiband SSB Transceiver #2 (SSB board) « Dian Kurniawan's Blog

  3. Siang om dian saya order kit multi band ssb nya . Dan tolong sms ajo ke hp saya mengenai tranfer dan alamat pengiriman .081338981617 .nuwun

Leave a Reply

