80m SSB TRX using TA7358 (LA1185) #2


Melanjutkan 80m SSB TRX…

foto prototype #2 dan Single ended PA IRF510 #2

full board SSB TRX

 

Pada gambar di atas terlihat dua buah relay yang mengendalikan arah sinyal antara posisi menerima (RX) dan memancar (TX). Saya sempat mecoba menambahkan IF amplifier (MC1350) tetapi belum berhasil baik (mungkin ada masalah dengan impedance match). Sejauh utak-atik yang saya lakukan sudah cukup baik walaupun masih ada peluang untuk meningkatkan performance, pemilihan jenis komponen  dan sensitivitas.

 

Single Ended IRF510 PA

 

Berikutnya adalah foto single ended power amplifier. Agak berbeda dengan design awal kali ini saya memilih menggunakan BC547 (pre-driver), 2N2219 (Driver) + IRF510 (Final) hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan bila dibandingkan dengan pilihan sebelumnya 2N222, BD139, IRF510. Keluaran TR2N2219 sudah mendekati 0.4 Watt pada 12Volt.  Asumsi saya setelah IRF510 bisa didapat 5-6 Watt dengan 12/13.8 Volt. Keluaran ini sudah jauh di atas cukup untuk mendrive penguat external selanjutnya (50Watt ?). Hasil PA masih bisa ditingkatkan yaitu dengan memperbesar tegangan operasi MOSFET atau mem-parallel MOSFET final (tentu diperlukan penyesuaian impedance).

 

Single Ended IRF510 PA

 

semoga bermanfaat

Dian Kurniawan

 

8 thoughts on “80m SSB TRX using TA7358 (LA1185) #2

  1. Salam Pak Dian.
    Dari cuplikan sejarah hobby electronic yang anda tulis di blog ini saya berkesimpulan bahwa Pak Dian telah berhasil mengeluarkan intan berlian dari tambang diri (bakat karunia Yang Maha Pencipta)anda dalam bidang electronica, bravo.Saya seorang Hobbyest dan amateur radio, tidak punya pendidikan dalam bidang electronic, kegemaran dan bisa saya ya mengikuti rancangan yang di sharing oleh orang orang seperti Pak Dian ini, oleh karena itu harapan saya teruslah berkarya dan berbagi Pak Dian… I’am following You.Thank’s.

    • Terima kasih Pak Warih Irawadi,

      Senang sekali bisa berbagi ilmu dan pengalaman yang masih sedikit ini, mudah2an rekan2 bisa melengkapi bila ada yang masih kurang.
      Semoga kita semua di berikan kesempatan dan kemampuan untuk terus berkarya.

      senang berkenalan dengan Pak Warih
      Salam Dian Kurniawan

  2. Dear well and wish u the same.I would like to have the full detailed constuction of 80m ssb trx using ta7358. Have u tried for 40m and 20m.Pl do send the details
    de
    vu2rvk,Vijay

    • Hi Vijay, thank you,

      Please see the schematic diagram, the construction is simple and nothing restricted, inductor is minimized, not much winding activity except for PA section.
      For local oscillator you could use the schematic on DDS posting.. the hex also available there.
      How ever you could put me an email for any further question.

      regards
      dian kurniawan
      dian_kurnia@yahoo.com

  3. Mantap sekali om hasil karyanya, saya belum berhasil dengan ta 7358 tapi akan saya teruskan eksperimenya. Mau nanya IC TA 7358 belinya untung-untungan kaya X tal apa ya om. Saya curiga pada TA 7358 walaupun baru ada yang ga bisa dipakai ( troble ) cara ngecek ic bisa di pakai gimana om? mohon pencerahannya.

    • betul sekali Mas Agus, saya pernah beli 20 buah IC ini dan yg sempurna cuma 1 buah, saya yakin teman2 mengeluhkan sulit memakai IC ini padahal sebenarnya IC nya yg kualitas jelek atau sudah terlalu lama di simpan di toko.. ini IC lawas, saran saya kalau mau aman cari persamaan yg lebih baru seperti LA1185. Untuk IC TA7385 yang paling sering saya temukan adalah rusaknya front end amplifier walaupun kerusakan yang lain juga saya temukan. Cara mengujinya yang saya lakukan adalah dengan memberikan supply (pin 9&5) lalu

    • berikan resistor pull up di pin 3 kira2 4K7 lalu diukur harus ada tegangan kurang lebih 0.7Volt atau lebih, bila ada front end amp IC ini baik
    • berikan resistor pull up di pin 6 kira2 4K7 lalu diukur harus ada tegangan kurang lebih beberapa volt (maaf saya lupa), bila ada mixer nya baik
    • lalu periksa pin 7 lalu ukur harus nya disini juga ada tegangan beberapa volt
    • saya melakukan pengujian dengan mengacu pada internal circuit diagram dari IC ini, mungkin teman2 ada yang bisa menambahkan, tapi dalam pengalaman saya cara diatas sudah cukup untuk membuang IC yang sudah bikin saya pusing berjam2 pada saat pertama menggunakan IC ini… 19 IC masuk tong sampah.. dengan sukses

  4. Hehe….. ternyata betul juga kecurigaan saya. dah ada 10 biji TA 7358 akan saya coba untuk test IC yang Om Dian sarankan diatas Bravo homebrouwe QRP terima kasih maturnuwun

  5. Mohon dikirimkan layout PCB dan skema 80m SSB TRX using TA7358 ( LA1185)ke alamat saya, atas perhatian dan kebaikan bapak diucapkan terima kasih

    Balikpapan, 24 Maret 2011

    Idrus

Leave a comment