Instrument


Elektronika yang didefinisikan sebagai sebuah cabang ilmu yang didalamnya di perlakukan pengendalian atas pergerakan elektron (sebuah bagian dari atom yang membawa muatan negatif) pada berbagai media. Hal menarik dari elektronika yang sesuai dengan namanya adalah fakta kita tidak pernah melihat elektron tersebut dengan mata secara langsung. Akan tetapi elektronika bukanlah ilmu sihir yang tidak bisa dijelaskan sience. Kita bisa mendeteksinya dengan instrument.

Masih teringat di masa kecil ketika saya tercengang melihat hadirnya televisi ataupun video player dan berhari-hari membayangkan bagaimana mungkin benda-benda tadi bisa bekerja sedemikian rupa. Akibat rasa penasaran saya kala itu, pesawat televisi (merk sharp kalau saya tidak salah) yang masih berupa seperti buffet kayu, saya buka penutup belakangnya lalu saya nyalakan, dengan harapan membuktikan apa ada liliput di dalamnya yang bekerja (maklum saya baru berumur 5-6 tahun). Beruntung saya tidak memegang flyback nya, mungkin saya hanya menyentuh bagian 220v untuk pertama kali dalam hidup saya… lumayan kaget dan sakit, tapi tidak kapok. Itulah instrumen pertama saya…. kulit saya yang kena setruum.

Memiliki perangkat instrument (alat ukur) adalah mutlak dalam elektronika, di samping instrument ciptaan Allah, seperti kulit yang meraba apakah heat sink panas, atau hidung yang mengendus bila ada komponen yang terbakar. Membiasakan menggunakan alat ukur dan sedapat mungkin mengkaitkan dengan perhitungan banyak sekali meningkatkan faktor keberhasilan alat yang kita rakit, juga banyak menghemat biaya.

1. Avometer,
Amphere-Volt-Ohm meter, yang kebetulan juga nama sebuah brand, sesungguhnya adalah sebuah instrument yang mampu mengukur besarnya arus (amphere), tegangan (voltage) dan tahanan (ohm). Alat ini sering juga di sebut Multimeter. Penjelasan lebih lanjut bisa di dapat di link berikut Multimeter

Saat ini saya memiliki 2 jenis multimeter yang satu analog merek “SUNWA” bukan “SANWA”, serta multimeter digital merk YU-FUNG (isi didalamnya adalah ICL7106/07 multimeter chip generik).

kalau ada yg berminat bersusah-susah dan bermahal-mahal untuk merakit, silahkan lihat link berikut:
ICL7107 digital voltmeter

2. Frequency Counter,
Frequency counter adalah instrument yang mampu mengukur besarnya frekwensi perdetik dari sinyal yang di ukur. Alat ini wajib dimiliki bagi kita yang ingin berkreasi di dunia RF. Dengan instrument ini kita bisa memeriksa kondisi kristal, oscillator, dan lainnya. Saya memiliki sebuah frekwensi counter made in china murah meriah dengan kemampuan ukur hingga 2.5 GHz.

Bila ingin merakit sendiri, banyak rangkaian frekwensi counter yang bisa di unduh dari internet dengan hasil yang cukup bagus, antara lain bisa dilihat pada link berikut:
*. 40 MHz Freq Counter ATMega8
*. 30 MHz Freq Counter ATTiny2313
*. 2.5 GHz Freq Counter PIC16F870 + LMX2322

walaupun project-project diatas masih ada yang rendah cakupan counternya, akan tetapi sangat mudah menambahkan prescaller untuk range frekwensi yang lebih tinggi

3. Oscilloscope,
Dengan menggunakan oscilloscope kita bisa melihat detil bentuk gelombang bukan hanya level tegangan seperti pada voltmeter khusus nya sinyal AC. Bentuk gelombang bisa memberikan banyak informasi kondisi perangkat yang kita ukur.

lama sekali saya bergelut di dunia elektronika hingga akhirnya bisa memiliki oscillocope sendiri, saya perlu menunggu 20 tahun.

Akan tetapi saat ini sudah banyak oscilloscope yang murah dan banyak yang bisa di rakit sendiri, tentu dengan batasan yang di sesuaikan dengan kebutuhan kita. Saya sempat beli IC ADC AD876 (10 bit 20MSPS) tapi belum sempat di oprek, beberapa teknik interpolasi dan teknik sampling masih menunggu… some day kalau ada waktu Insya Allah.

*. Arm DSO (Digital Storage Oscilloscope)

*. Sparkfun DIY DSO Kit

Saya sempat order DSO Kit ini tapi bukan lewat sparkfun tapi langsung ke jaytech.com

*. 40MSPS DIY Oscilloscope using ADS830

4. LC Meter,
LC meter adalah alat ukur yang mampu mengukur induktansi (L) dan kapasitansi (C). Ada beberapa multimeter telah di lengkapi pula dengan fungsi pengukuran L dan C. Saya tidak memiliki instrument buatan pabrik untuk LC meter, melainkan merakit sendiri karena menurut saya tidak terlalu sulit dan masih cukup murah untuk di rakit sendiri. Dengan LC meter ini saya dapat dengan mudah menggulung lilitan untuk mendapatkan induktansi yang tepat. Mungkin pada postingan yang lain akan saya share.

berikut adalah link project-project LC meter:
*. Very Accurate LC Meter based on PIC16F84A
*. AVR LC Meter

dan masih banyak yang lain.

5. Spectrum Analyzer,
Instrument ini memiliki tampilan fisik mirip dengan oscilloscope. Dengan spectrum analyzer kita bisa melihat amplitudo sinyal dalam suatu range frekwensi (spectral). Dengan bantuan alat ini mudah sekali melihat frekwensi harmonik yang dihasilkan suatu pemancar/osilator.

Saya pernah mencicipi menggunakan instrument ini waktu di bangku kuliah, beruntung saya bisa punya akses ke laboratorium jurusan telekomunikasi. Waktu itu saya gunakan untuk membangun rangkaian transceiver yang di gunakan untuk telemetry (remote sensing).

beberapa link membuat spectrum analyzer sendiri:
*. 1000 MHz Spectrum Analyzer
*. GBPPR 0 – 1000 MHz Spectrum Analyzer

6. SWR,
7. RF Power Meter,
8. Antenna Analyzer,

untuk tiga instrument terakhir akan coba saya share di post yang lain.

semoga bermanfaat
Dian Kurniawan

14 thoughts on “Instrument

  1. Tapi saya tidak tahu caranya ‘n tatacaranya belanja di internet. Maklum pk H.P.Kalau bisa pesan sama om. Dso yg murah, kisaran US$ 350,

  2. Dear Sir,
    How are you !
    I’m Jerry from Xi’an Unique Electronics Ltd. Our company mainly design and produce the perfect test equipment for customers and have 16 years experience in the Test & Measurement area. We can supply oscilloscope with 25MHz, 40MHz, 60MHz, 100MHz, 150MHz, 200MHz and 300 MHz , 2channels and 4channels. If needed, we may support OEM for you.

    Now we are promoting the following two models UQ2000L series oscilloscope, just with a cost price. If you are interested in. , pls contact with us asap.
    UQ2052CL: 50MHz, 500MS/s, 2channels, 7inch larger LCD color display.
    UQ2102CEL: 100MHz,1GS/s, 2channels, 7inch larger LCD color display.

    Hope we can establish long term business relations with you.
    Thanks and Best Regards!

    Jerry
    ********************************************
    Xi’an Unique Electronics Ltd.
    Tel: 86-029-88278313-8133
    Skype:jerry_uniqueelectronics
    E-mail: xvsales2@fy-ic.com
    Web:http://www.netcomponents.cn/
    *********************************************

  3. Salam Pak Dian, saya sangat tertarik dengan artikel-artikel di Web.nya,sangat berbobot,singkat dan padat,mudah dimengerti seperti orang awam seperti saya. Walau dengan ilmu dan alat yang pas-pasan (masih jauh dari lengkap),saya mencoba ber-eksperiment dengan skema yang dapat saya cerna. Kalau Pak Dian tidak keberatan/tidak merepotkan, bolehkah saya mengirim Email dan bertanya secara pribadi (ingin belajar) tentang yang berhubungan dengan teori Dunia Elektronika. Besar harapan saya akan hal itu. Banyak terimakasih sebelumnya. yumeldim@gmail.com

  4. Pa Dian, saya ucapkan trima kasih atas bantuanya, 1 unit hantek dso 1060 sudah saya terima.
    apa dso sperti ini mungkin ga di upgrade, supaya pengambilan sampling nya cepat,
    trima kasih.

Leave a Reply

